Waktu Penyimpanan Sediaan Farmasi/ Beyond Use Date (BUD)

26/5/2019 Beyond use date (BUD) adalah batas waktu penggunaan produk obat setelah diracik/disiapkan atau setelah kemasan primernya dibuka/dirusak. Kemasan primer adalah kemasan yang langsung bersentuhan dengan bahan obat, seperti: botol, ampul, vial, blister,  dan lain-lain.

Pengertian Beyond use date/ BUD berbeda dari expiration date (ED) atau tanggal kedaluwarsa karena ED menggambarkan batas waktu penggunaan produk obat setelah diproduksi oleh pabrik farmasi  sedangkan informasi Beyond use date/BUD diperoleh dari bagian pelayanan farmasi (Apotek/Puskesmas/Klinik/Rumah sakit) yang melakukan peracikan atau membuka kemasan primer.

BUD dan ED menentukan batasan waktu dimana suatu produk obat masih berada dalam keadaan stabil. Suatu produk obat yang stabil berarti memiliki karakteristik kimia, fisika, mikrobiologi, terapetik, dan toksikologi yang tidak berubah dari spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh pabrik obat, baik selama penyimpanan maupun penggunaan. 

Berikut ini pembagian BUD berdasarkan Tipe formula menurut USP 795

1. untuk Formula non Aquous dan Solid Formation

jika racikan dibuat dari obat jadi maka BUD tidak lebih dari 25% dari waktu kadaluarsa masing-masing bahan atau 6 bulan dari waktu peracikan, BUD ditetapkan dari salah satu yang lebih dulu tercapai.
Namun jika racikan dibuat dari  zat aktif maka BUD tidak lebih d dari waktu kadaluarsa masing-masing bahan atau 6 bulan dari waktu peracikan, BUD ditetapkan dari salah satu yang lebih dulu tercapai.


2. Untuk formula oral yang mengandung air 
BUD tidak lebih dari 14 hari disimpan dalam suhu dingin (2-8 derajad celcius)


3. untuk formula topikal/ dermal yang mengandung air, untuk cairan mukosal, dan untuk sediaan semisolid
BUD tidak melebihi 30hari.


BUD sebaiknya disampaikan saat penyerahan obat, atau ditulis pada etiket obat supaya pasien tau batasan penyimpana obat racikan atau yang telah dibuka kemasan primernya.





semoga sedikit tulisan ini membantu bagi petugas farmasi menentukan BUD, Apabila ada saran/kritik silahkan disampaikan melalui email aoc.ngemplak2@gmail.com. Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hipertensi

EDUKASI GEMA CERMAT (GERAKAN MASYARAKAT CERDAS MENGGUNAKAN OBAT) PADA KEGIATAN PELANTIKAN SAKA BAKTI HUSADA KWARTIR CABANG DEPOK

Gemacermat di malang rejo, tingkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat